English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Hambantan Atau Resistan Pada Listrik

Kembali lagi bersama saya disini, nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit saja soal hambatan atau resistan pada listrik. Yang pertama kita harus ketahui adalah namanya dari nama hambatan listrik, nah dari situ kita amati bahwa hambatan listrik adalah penghambat arus listrik. Selain itu di kbbi (kamus besar bahasa indonesia) resistan di artikan sebuah kemampuan menghambat.

Setelah kalian mengerti soal apa itu hambatan nah kita masuk materi, hambatan listrik memiliki komponen 2 jenis yaitu fixed resistor dan variable resistor. Resistor merupakan sebuah komponen yang memiliki hambatan dan untuk fixed resistor adalah resistor yang nilai hambatanya tetap tidak berubah ubah.
Di atas adalah gambar untuk fixed resistor, di indonesia sendiri nama dari komponen di atas adalah resistor biasa, nah untuk nilainya dapat diketahui pada gelang gelang di resistor tersebut bisa kalian lihat, untuk menentukan nilai fixed resistor ini nanti saya jelaskan di posting selanjutnya.
Diatas adalah gambar untuk variable resistor, di indonesia nama komponen diatas adalah potensio, nah potensio bukan nama yang mencakup semua variable resitor namun potensio ini adalah variable resitor yang digerakan secara fisik biasanya di putar atau di geser. Nilai hambatanya dapat berubah tergantung putaran atau geseran knop, batas maksimal potensio biasanya tertulis di komponen ini.



Dikiri ini adalah ptc dan dikanan ntc keduanya berfungsi sama yaitu variable resistor sesuai suhu. ntc adalah negative temperature coefficient, dan ptc adalah positive temperature coefficient. keduanya dinamai thermasistor atau thermal resistor.






Dibawah ini ada video penjelasan mengenai resistor


Cukup sekian dari saya termakasih telah berkunjung, terus kunjungi mytechnos.

Hubungi Saya

Whatsapp/SMS : 083866401189
 
Teknologi Info Copyright © 2017 |: Mytechnos | SimpleTemplate |: Blogger