English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Silinder Pneumatik

Pada hari ini saya akan menjelaskan sendikit soal silinder pneumatik, nah kalian tau kan pneumatik itu apa jika belum bisa kesini aja , jika sudah mengerti langsung saja. Jadi silinder ini adalah komponen dari pneumatik, sesuai dengan namanya komponen ini berbentuk silinder atau tabung dan cara kerjanya adalah bergerak maju dan mundur.

Silinder ini merupakan komponen utama di pneumatik karna komponen ini lah yang membuat pergerakan pada sebuah alat. Silinder ini memiliki 2 jenis yaitu Single Action dan Double Action. di bawah ini adalah gambar untuk silinder kerja tunggal / single action.
Pada gambar tersebut ada supply,piston,spring,piston rod. Supply merupakan  lubang yang akan diberi angin, piston dan piston rod adalah sebuah penggerak yang bila supply diberi angin piston ini akan bergerak maju, lalu spring ini adalah sebuah per yang bila tidak diberi supply piston akan kembali ke posisi nol, sebaliknya bila spring menghadap ke kiri berarti piston akan bergerak mundur bila supply diberi angin.
Nah di atas ada gambar silinder kerja ganda atau double action yang kerjanya hampir mirip dengan single action namun memiliki 2 supply, bila pada silinder single action piston akan kembali ke posisi awal, nah pada silinder ini supply 1 sebagai penggerak piston maju dan supply 2 sebagai penggerak piston mundur, jadi kedua gerakan tersebut dilakukan secara manual tanpa memakan per atau spring.



Sekian saja mengenai silinder bila kalian kurang puas apa salahnya mencoba mempraktekan dengan alat alat di sekolah atau sekitar kalian, kunjungi terus mytechnos.

Hubungi Saya

Whatsapp/SMS : 083866401189
 
Teknologi Info Copyright © 2017 |: Mytechnos | SimpleTemplate |: Blogger