English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, 2 December 2017

Bus Hidrogen Ramah Lingkungan Keluaran Toyota Jepang

  Bus Hidrogen ?, apakah kalian terpikir seperti apa Bus kota ini ?. Mungkin dari kalian ada yang bingung dengan teknologi ini, saya sendiri tak sengaja membaca informasi ini di Otomotif.Kompas.com , hebat memang teknologi yang dipakai Jepang. Bus Hidrogen ini memiliki bahan bakar Hidrogen, yaps Hidrogen menjadi bahan bakar utama bus ini. Akan tetapi sebenarnya bahan bakar ini telah lama dikembangkan.

  Bahan bakar Hidrogen bisa juga disebut Fuel Cell, Fuel Cell merupakan alat dimana Hidrogen akan dirubah menjadi listrik. Jadi sebenarnya transfortasi ini sama seperti mobil listrik yang memiliki perbedaan pada bahan bakarnya. Fuel Cell dikembangkan pada tahun 1811 entah oleh siapa karena saya hanya ingat tahunnya, hehehe. Jadi Fuel Cell ini telah lama ada, namun pengaplikasiannya yang baru kali ini karena diklaim sangat ramah lingkungan.

  Prosesnya sangat sederhana yaitu  Hidrogen > Listrik > Motor Induksi > Gerak. Itu adalah urutanya, Hidrogen sendiri didapat dari pemisahan air atau H20 menjadi Hidrogen. Pemisahan ini dibutuhkan listrik, tapi Jepang telah memikirkan hal itu dari awal. Jepang memilih Turbin Angin sebagai penghasil listrik untuk memisahkan air menjadi hidrogen.



  Tak heran project Fuel Cell di Jepang ini berjalan lancar karena perencanaannya yang sangat matang sampai memikirkan penghasil Hidrogennya tersebut. Kita lanjut lagi prosesnya, setelah Hidrogen terpisahkan dari air, maka Hidrogen akan ditampung terlebih dahulu. Hidrogen akan dirubah menjadi listrik dengan teknologi Fuel Cell,  teknologi ini menurut saya sangat hebat, mengapa ?, itu karena teknologi ini menciptakan sebuah listrik hanya dengan komposisi yang simple yaitu Hidrogen dan Oksigen. Hidrogen ini akan menghasilkan listrik ketika ia bergabung dengan Oksigen. Saya juga kurang mengerti lebih dalam, mengapa listrik bisa dihasilkan ?, tapi teknologi ini sangatlah hebat, pembuangan yang dihasilkan adalah air. Jadi pembuangan dari Bus Hidrogen ini adalah air. Ramah lingkungan bukan ?.

  Nah di atas adalah mobil listrik, disana terlihat ada batre , dc converter dan motor induksi. Jadi proses setelah listrik terbuat proses selanjutnya sama seperti mobil listrik yaitu listrik DC akan diconverter ke listrik 3 phase untuk motor induksi, sebelum masuk motor induksi listrik akan dikontrol dengan pedal gas yang memiliki prinsip kerja pengatur arus dan tegangan yang akan masuk motor induksi. Begitulah perjalan Hidrogen yang dari air dan menjadi air kembali.

Hebat bukan teknologi Fuel Cell ini, kapan ya teknologi ini ada di Indonesia. Mobil listrik saja saya rasa masih jarang, tapi saya yakin Indonesia pasti bisa mengembangkan teknologi ini. Carilah informasi lainya di Mytechnos.com jadi kunjungi terus ya, terimakasih.