English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, 16 December 2017

Komponen Arduino Dan Kegunaanya

  Komponen pada Arduino sebenarnya bermacam tergantung pada jenis Arduinonya sendiri, itu dikarena setiap Arduino memiliki spesifikasinya masing masing. Tapi saya disini akan jelaskan beberapa komponen yang wajib ada pada Arduino. Pertama - tama perhatikan gambar di atas, dan carilah komponen yang sesuai dengan komponen yang saya sebutkan. Berikut komponen - komponen Arduino.

Mikrokontroler Atmel

1. Mikrokontroller
  Ini merupakan komponen yang wajib ada pada Arduino, komponen ini adalah komponen pusat Arduino atau bisa disebut otak dari Arduino. Fungsi komponen ini adalah sebagai menyimpan data, memproses, dan mengontrol. Mikrokontroler ini mirip dengan komputer namun lebih kecil dan spesifikasi yang kecil, di dalam Mikrokontroler terdapat CPU (Central Processing Unit), RAM (Random Access Memory), ROM (Read Only Memory), I/O (Input atau Output),dan Timer.  dengan alat sekecil itu terdapat banyak komponen didalamnya.

USB TTL
2. IC USB TTL
  IC (Integrated Circuit) ini adalah komponen yang harus ada, meskipun ada sebagian Arduino yang tidak memiliki IC ini, tapi tetap Arduino tersebut membutuhkan IC ini atau biasanya ada alatnya yang biasa dinamai Downloader. Arduino yang memiliki IC ini hanya perlu menyambungkan ke komputer dengan mudah yaitu dengan USB. Kegunaan IC ini adalah sebagai konversi bahasa yang digunakan kita kedalam Mikrokontroler. Output yang dikeluarkan oleh USB ketika proses pemograman tidak akan bisa diterima oleh Mikrokontroler karena data yang diterima berbeda dengan kebutuhan Mikrokontroler. Maka dari itu komponen ini akan merubah pemograman yang kita buat agar dapat diterima Mikrokontroler.


AMS Regulator
3. AMS Regulator
  Sebenarnya saya juga ga tau singkatan AMS dari apa, tapi komponen ini sangatlah berguna, itu karena kegunaan dari komponen ini adalah membatasi tegangan. Mikrokontroler yang digunakan membutuhkan tegangan yang sesuai agar tidak rusak atau berlebihan, jadi komponen ini akan membuat tegangan stabil. Komponen AMS ini biasanya pada arduino adalah jenis 5 volt, karena Mikrokontroler biasanya 5 volt.

Begitulah komponen utama pada Arduino, komponen lainya kalian bisa amati saja lah, pada intinya komponen utama Arduino adalah Mikrokontroler, itu membuat Arduino sebagai Mikrokontroler. Sekian dan terimakasih

0 comments:

Post a Comment

close