English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, 27 January 2018

Pilih Mana LCD Atau LED

  LCD dan LED merupakan jenis dari sebuah TV atau Monitor, apakah kalian pernah merasa bingung untuk memilih jenis tersebut ?. Bila kita melihat secara fisik LCD dan LED ini hampir sama, tapi kadang kita juga bingung untuk memilihnya, sebanarnya mudah saja untuk memilihnya. Kita hanya mempertimbangkan saja kebutuhanya untuk apa ?. Oke langsung saja deh.

Pertama
  TV atau monitor LED lebih terang dari pada LCD tapi bagi kita yang dipakai dalam ruangan gelap atau redup penggunaan LED ini sedikit berlebihan dan akhirnya kita menggelapkan layarnya, untuk layar LCD ini sifatnya lebih tajam meski sebenarnya sama saja, warna yang dihasilkan lebih lembut. Jadi bila untuk ruangan gelap atau redup, LCD lebih cocok dan, untuk ruangan terang atau outdor LED ini cocok karena bisa menghasilkan warna yang cerah dengan baik.

Kedua
  TV atau monitor LCD lebih boros dari pada LED, contoh saja dalam pemakaian sebuah monitor LCD mencapai 100 watt sedangkan pada monitor LED hanya mencapai 70 watt. Meski berbeda sedikit tapi ya kalo kita orang yang hemat kenapa tidak pakai yang lebih hemat.

Ketiga
  Tekstur layar LCD kasar, tidak seperti LED yang memiliki layar yang licin dan halus. Tapi justru itu pertimbangan yang harus dipikirkan, LCD ini memiliki layar yang kasar membuat noda tidak mudah terlihat ketika LCD dinyalakan, meski kita menyentuh layar berulang kali dan dengan tangan basah sekalipun. LCD memiliki tekstur halus namun LCD ini lebih mudah dibersihkan dari pada LED yang kasar.

  Meski masih banyak yang perlu kita pertimbangkan tapi ketiga di atas saya rasa cukup karena itulah yang mencolok pada LCD dan LED tersebut, tips dari saya sih LCD untuk komputer, dan LED untuk TV. Alasannya simpel saja LCD digunakan dijarak dekat dan sifat LCD ini memiliki gambar yang tajam dan lembut. TV digunakan dijarak yang relatif jauh jadi pencahayaan yang lebih tinggu sangatlah cocok. Sedangkan untuk harga, menurut saya keduanya memiliki harga yang sama saja, ga percaya ?. Coba datang ke toko toko komputer dan tanyakan harga LCD dan LED , keduanya sama. Tapi untuk yang baru LED sedikit lebih mahal tentunya.

Sekian dari saya semoga bermanfaat dan terimakasih

0 comments:

Post a Comment

close