English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, 15 February 2018

Penjelasan OP AMP Atau Penguat Operasional

  OP AMP atau disebut juga Penguat Operasional merupakan komponen yang dapat menguatkan arus searah, OP AMP ini terbilang efisien dengan komponen ini kita dapat menaikan tegangan berkali - kali lipat. Kita dapat mengatur kelipatan tegangan atau disebut gain. Salah satu OP AMP yang sering dipakai adalah 741 yang memiliki 8 kaki.

  OP AMP sangat sering digunakan untuk instrument atau perhitungan, karena dengan ini kita bisa mengontrol dengan mudah. Contoh saja Termokopel yang dikuatkan menggunakan OP AMP, itu membuat kita lebih mudah menghitung suhu dari Termokopel, karena tegangan Termokopel diperbesar sampai beribu kali.


  Pertama yang kita bahas adalah OP AMP 741, itu karena komponen ini mudah ditemukan dipasaran dan cocok untuk pembelajaran. Di samping ada gambar untuk OP AMP 741 ini, dan ditiap kakinya memiliki fungsi tersendiri. Berikut fungsi fungsinya.





1 & 5. Offset null 
  Berfungsi untuk meminimalkan tegangan offset output dari suatu rangkaian
2 & 3. Input inverting
  Merupakan arus input + dan - yang akan dikuatkan
4 & 7. Supply
  Merupakan sumber untuk mengaktifkan komponen
6. Output
  Adalah keluaran yang telah dikuatkan oleh OP AMP
8. NC
  Menurut saya sih ini tidak berguna wkwkwk

  Nah didalam komponen OP AMP ini terdiri dari banyak Transistor, hebatnya lagi ukuranya yang sangat kecil namun kegunaanya yang berlimpah. Tapi ada yang unik yang harus kalian tahu di OP AMP ini yaitu tegangan OUTPUT akan dibalik contoh : bila input +0,3 V dan gain 10 kali maka output -3 V. Jadi cara agar output menjadi positif yaitu dengan membalikan input (-) diberi (+) dan input (+) diberi (-).

 Bagaimana apakah yang akan kalian buat dengan OP AMP ini, sekian dari saya dan terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

close