English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, 10 August 2018

Perbedaan Arduino KW Dan Original


Sudah lama saya tidak membahas mengenai sikecil Arduino ini, sekarang saya akan membahas sedikit mengenai Arduino Original dan Arduino KW. Oke pertama kita bahas mengenai Arduino terlebih dahulu. Arduino merupakan sebuah mikrokontroller yang dapat kita atur dan kita program sendiri, nah Arduino ini diciptakan oleh Hemando Barragan dan dikembangkan  oleh David Cuartielles di usianya yang sudah senja tidak mematahkan semangatnya untuk berkarya hingga sekarang ini.
Arduino mulai naik daun saat tahun tahun 2009 dan saat itu mungkin Arduino kurang tenar di Indonesia, dan mulai tenar sekitar 2010 an. Arduino sering digunakan para pelajar untuk mengembangkan sebuah alat atau membuat alat yang bermanfaat. Kemajuan Arduino ini sangat berpengaruh terhadap dunia industri yang saat ini dikenal dengan Industri 4.0 yang serba digital.

Nah sekarang kalian tahu ga Arduino original dengan Arduino KW, asal kita tahu Arduino ini diciptakan di Italia dengan harga yang lumayan, hampir setara dengan HP. Maka dari itu Tercipta juga Arduino KW yang banyak diproduksi dari China dengan Harga yang jauh berbeda dari yang aslinya, oke kita bahas saja 1 produk Arduino yaitu UNO R3. Berikut kesamaan dan perbedaanya.

1. Memiliki Mikrokontroller Yang Sama

Pada Arduino Uno asli dan yang kw sekali pun memiliki mikrokontroller atau memiliki otak yang sama yaitu Atnek atmega 328p, jadi untuk spesifikasi seperi CPU, Ram, Rom, dll pastinya sama dengan yang aslinya.

2. Perbedaan Harga Yang Sangat Jauh

Saat pertama peluncuran Arduino Uno ini memiliki harga sekitar 800 ribuan dan pada 2018 sekarang Arduino Uno yang asli seharga 22$ atau sekitar 300ribuan. Meski begitu harga Arduino KW tetaplah murah dari dulu hingga sekarang, pada saat ini harga Arduino Uno KW ini memiliki harga 50 ribu - 100 ribuan.

3. Memiliki Bentuk Yang Sama

Bentuk Arduino ini memanglah unik yaitu seperti motherbord PC namun berukuran kecil, bentuk dimensi pada Arduino asli dan palsu jelas lah sama, ini dikarenakan banyaknya modul Arduino yang plug and play, alias tinggal pasang tumpuk tanpa harus ribet dengan kabel. Jadi Arduino asli atau palsu sama sama bisa dipasang modul - modul plug and play.

4. Memiliki TTL Yang Berbeda

TTL atau komunikasi pada Arduino asli dan palsu ini tidaklah sama pada kasus tertentu Arduino palsu tidak bisa langsung dimasukan program dari komputer bila belum instal driver. Tapi ada juga Arduino palsu yang bisa langsung pasang dan program namun itu juga dengan TTL yang hanya mirip dengan yang aslinya ( komponen TTLnya sendiri diclone).

Oke mungkin cukup sekian informasi dari saya, masih banyak perbedaan yang terdapat dari Arduino asli dan palsu. Namun kita juga tahu dengan kita membeli produk asli akan berdampak juga terhadap kemajuan Arduino dan kita juga menghargai buatan aslinya. Sekian dan terimakasih

0 comments:

Post a Comment