English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, 4 January 2019

Beginilah Cara Mengetahui Daya VGA


VGA merupakan sebuah komponen dari komputer yang cukup penting yaitu sebagai pengolah grafis, terkadang VGA juga sering digunakan untuk bisa bermain game berat. Nah pernah ga sih kita mencoba VGA dan ketika masuk OS dan memainkan game tiba - tiba komputer mati mendadak, itu adalah pengaruh daya listrik yang digunakan VGA. Listrik yang digunakan VGA itu variabel tergantung kita menggunakanya, contoh saja bila sedang mengerjakan tugas VGA mengasumsi  daya 10 watt dan ketika bermain game VGA mengasumsi daya sekitar 100 watt.

VGA - VGA untuk gamers dan workstation terkadang membutuhkan asumsi daya yang tinggi, tapi ya itu tergantung dari VGAnya sendiri. Ada sebuah cara untuk mengetahui penggunaan daya VGA yaitu dengan menghitung banyak lubang power di VGA ditambah 75 watt asumsi daya maksimal slot PCIe.

Power 6 pin merupakan colokan power yang mengasumsi listrik sekitar 75 watt, sedangkan power 8 pin memiliki asumsi maksimal hingga 150 watt. Jadi dengan begitu kita tinggal menjumlahkan saja dayanya. Sebagai contoh photo di atas VGA yang memiliki power 6 pin + 8 pin, maka kita jumlah kan seperti berikut.

75 watt + 150 watt + 75 watt = 300 watt 

Tapi di atas sebenarnya merupakan daya maksimal yang dapat dikeluarkan dari sebuah PSU. Jadi tergantung lagi dari spesifikasi VGAnya, coba cari jenis VGA yang ingin kalian hitung dan cari TDP nya berapa. TDP (thermal design power) merupakan asumsi maksimal dari suatu alat. Contoh saja di photo di atas adalah GTX 480 yang memiliki TDP full load sekitar 250 watt. Dengan begitu tidak jauh beda bukan dengan perhitungan tadi, TDP itu sendiri bisa saja berubah naik atau turun itu bisa disebabkan beberapa faktor contohnya overclock dan downclock, dari faktor tersebut bisa merubah TDP menjadi naik maupun turun.

Selain cara diatas kita juga mungkin bisa menghitungnya dengan alat seperti Clamp meter
Jika kita hanya mengikuti spesifikasi dan perhitungan mungkin kita hanya mendapat nilai prediksi saja namun dengan alat di atas kita bisa menghitung secara real time. Jadi kita kaitkan saja pada colokan stopkontak komputer anda atau ke kabel power 6 pin atau 8 pin tadi, maka kita akan mendapat nilai yang sesuai dengan daya yang digunakan.

Mungkin cukup sekian dari saya dan terimakasih

0 comments:

Post a Comment