English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, 6 January 2019

Cara Memilih Power Supply Untuk Komputer


Power supply merupakan komponen yang perlu ada di setiap barang elektronik, itu karena power supply merupakan pemberi supply listrik. Power supply biasanya memiliki fungsi merubah tegangan yang diberikan PLN 220v AC ke tegangan yang dapat diterima alat. Pada komputer power supply berperan penting karena salah saja memilih power supply bisa saja mengakibatkan kerusakan pada power supply itu sendiri, masih mending jika power supply yang rusak, terkadang komponen komputer lainnya ikut rusak karena berlebihannya arus,

Cara memilih power supply sebenarnya mudah namun jika kalian memiliki komputer dengan penggunaan daya yang tinggi dan memiliki uang yang pas - pasan cukup sulit untuk mendapatkannya. Daya pada komputer sebenarnya tidak terlalu benar, contoh bila kita menghitung penggunaan daya komputer kita dan ternyata 250 watt dan kita langsung saja memutuskan membeli power supply 250 watt, itu adalah kesalahan besar.


Mari kita lihat tegangan yang dibutuhkan komputer, yaitu +3.3v, +5v, +12v, -12v . setiap tegangan memilik fungsinya masing masing. Sekarang kita lihat gambar di atas, power supply biasanya hanya menuliskan daya totalnya, sedangkan daya masing masing tegangan terdapat di casingnya. Untuk menghitung daya yang sesuai dengan komputer kita tentunya kita harus melihat TDP dari tiap tiap komponen komputer. TDP di masing - masing komponen berbeda - beda dan berikut contohnya

Motherboard : 30 watt ( 12v )
Processor : 100 watt ( 12v )
Ram : 10 watt ( 3.3v )
HDD : 20 watt (5v )
VGA : 250 watt (12v)

Nah untuk menentukan power supply yang cocok adalah dengan melihat tegangan yang paling dominan, dan tegangan yang paling dominan itu adalah 12v. Sekarang kita jumlahkan daya dari tegangan 12v tersebut, hasilnya adalah 380 watt. Nah sekarang kita harus mencari power supply yang memiliki daya lebih dari 380 watt di tegangan 12v.


Maka dari itu power supply di atas cocok untuk komputer tersebut. Jadi pada intinya untuk menentukan power supply untuk komputer jangan asal - asalan dan pilihlah yang memiliki daya yang lebih tinggi dari komputer kalian, tenang saja jika komputer hanya 200 watt akan tetap mengonsumsi listrik 200 watt meski power supply tersebut 500 watt jadi tidak akan memboroskan listrik. Dan saran dari saya adalah hindari power supply abal - abal , pilihlah power supply yang pure.

Sekian dari saya dan terimakasih.

0 comments:

Post a Comment